Charger Laptop Original VS Charger Non Ori

Dilihat:
Pertanyaan klasik:

Mengapa Power Supply/Charger/Adaptor Notebook/Netbook/Laptop mesti original?


Jawab:

Charger laptop original memiliki komponen-komponen yang berfungsi untuk pengaman voltase tinggi, penahan kuat arus, juga sebagai filtrasi sehingga nyaris tidak ada kebocoran arus AC.

Komponen yang berperan yaitu trafo-trafo power inductor, filter choke tepatnya "toroidal common mode chokes", juga transformer utama penurun daya, harga satuan komponen-komponen (yang berkualitas) ini cukup fantastis sekitar $2 s.d. $7. Sehingga sangatlah wajar apabila harga charger original berada di kisaran $45 - $65 s.d $120 karena didalamnya dipenuhi sejumlah coil/trafo filter.

Berbeda dengan charger kw / non original, (dengan harga terpaut jauh dibawah charger ori), pada charger non ori pada umumnya tidak ditemukan toroidal common mode choke (terletak di bagian input charger) sehingga arus AC langsung menuju dioda untuk selanjutnya menuju regulator/converter/proses switching power, yang merubah arus AC Voltase tinggi menjadi DC. Disinilah letak krusial perbedaan antara charger ori dan non ori.

Disamping itu perbedaan mencolok terdapat pada jenis dan kualitas komponen pada sirkuit charger, sistem pendingin, kualitas PCB dan kualitas solder yang sangat berbeda. Jumlah komponen di charger ori jauh lebih banyak dikarenakan kompleksitas seluruh sirkuit juga didukung pendingin komponen dan proteksi noise yang mumpuni menyebabkan output charger ori lebih akurat dan secara temperatur jauh lebih dingin dibanding dengan charger kw / non ori.

Lalu apa hasilnya?

Notebook memerlukan sumber daya / power dengan kestabilan tinggi yang akurat untuk memastikan kinerja yang dimiliki berjalan dengan semestinya. Ketergantungan power yang stabil juga dibutuhkan baterai, hal ini ber-efek terhadap proses charging dan keawetan baterai, dimana baterai merupakan komponen vital untuk sebuah laptop dan tentunya dari segi harga relatif tinggi.
Karena itulah charger original lebih baik untuk menjaga laptop tetap awet.

Di sisi lain, laptop senantiasa berhubungan dengan komponen external yang menyertainya seperti DVD ext, modem, dan segala macam yang terhubung baik via USB ataupun input lainnya. Dapat dibayangkan apabila modem 3G atau Handphone terhubung ke laptop dengan power berkualitas rendah tentu sangat beresiko akan adanya kerusakan bila terjadi fluktuasi voltase atau ampere yang dapat merusak perangkat external tersebut. Dari segi kualitas kabel, charger ori tentu lebih baik, sehingga aman untuk penggunaan secara terus-menerus. Bisa dilihat daleman charger KW VS Original seperti apa...